Norsan Singgung Peran Wakil yang Harus Diberikan Seluas-luasnya, Sutarmidji: Ini Debat, Jangan Curhat

Foto bersama antara para pasangan calon usai debat publik pertama di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (23/10/2024). Foto: Fakta Kalbar/Mario

“Terima kasih, Pak Norsan dan Pak Krisantus atas semangatnya. Tentu ini menjadi motivasi. Saya berterimakasih, karena ini merupakan nasehat sekaligus saran. Semoga ini menjadi tanda-tanda baik untuk saya dan Pak Jakius. Terima kasih Pak Ria Norsan. Saran kami terima,” tuturnya menjawab tanggapan Krisantus.

Calon Gubernur Nomor Urut 1, Sutarmidji dalam konferensi pers usai debat menyampaikan bahwa

“Wakil itu harus paham dengan tugas dia. Yang dijelaskan Paslon 3 itu benar. Tugas wakil itu sudah ada di Undang-undang Pemerintah Daerah. Saya tidak mau campuri. Kalau tidak harmonis, kenapa prestasi tidak bagus? Kalau tidak harmonis ya tidak ada prestasi,” katanya.

Ia pun menegaskan kembali bahwa dirinya tidak akan pernah mencampuri tugas wakil kepala daerah.

“Saya meletakkan semua berdasarkan aturan. Saya tidak mau ganggu tugas wakil. Tugas saya tetap saya jalankan, kecuali ada hal-hal yang saya berbagi dengan beliau. Intinya, semuanya berdasarkan aturan, saya tidak akan keluar dari aturan,” tegasnya.

“Kalau ada masalah kan, nanti dia ngomong ‘saya diberi tugas oleh kepala daerah’. Mati saya. Tidak mau saya seperti itu. Itu kan curhat aja. Namanya debat, bukan curhat. Selama masih dalam tata kelola pemerintah, jangan curhat,” tambahnya. (mro)