Menpora Pastikan Semua Venue Peparnas 2024 Sudah Siap

Salah seorang sukarelawan penyandang disabilitas, Ersudananto, saat berrugas di arena cabamg olahraga para-taekwondo di auditorium UNS Surakarta, Minggu (6/10/2024) (Foto: Antara/I.C. Senjaya)

FAKTA GRUP – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memastikan kesiapan lokasi atau venue penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Jawa Tengah. Ia menegaskan bahwa kesiapan venue tidak ada masalah, karena sebelumnya telah dipakai untuk Asean Para Games 2022 lalu.

“Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar seluruh kota yang menjadi tuan rumah tidak ada masalah. Karena ini adalah peninggalan dari Asean Para Games 2022, baik dari venue olahraga, pertandingan hingga akomodasi,” kata Dito, Minggu (6/10/2024).

Menpora menekankan, yang harus diperhatikan dan dipersiapkan pada event olahraga nasional khusus disabilitas ini adalah manajemen pelayanan penyambutan kontingen. Karena, dari segi venue, fasilitas dan akomodasi semua sudah aman.

“Sudah kami sampaikan yang harus dipersiapkan pada Peparnas kali ini yaitu manajemen pelayanan kontingen,” ujarnya.

Dito pun menyebut Presiden Joko Widodo sangat bahagia dan tidak ada keluhan selama prosesi upacara pembukaan Peparnas 2024. Sebelumnya, Presiden secara resmi membuka upacara pembukaan Peparnas 2024 yang mengusung tema “Nusantara Menembus Batas”.

Ajang yang telah berlangsung sejak 1957 tersebut akan menjadi panggung unjuk hasil pembinaan setiap daerah, yang berlangsung mulai 6 hingga 13 Oktober.

Lebih dari 4.600 atlet dari 35 provinsi akan bersaing. Mereka akan memperebutkan medali pada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan.