Analisis Timnas Indonesia Vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2024: Peluang Indonesia Amankan 3 Point

Flyer pertandingan Indonesia vs Bahrain. Sumber: akun sosial media Instagram @bola.com.

JAKARTA – Setelah berhasil menahan imbang dua tim kuat, Arab Saudi dan Australia, pada pertandingan bulan Agustus lalu, Timnas Indonesia akan kembali berlaga dalam kualifikasi Piala Dunia 2024. Di bulan Oktober ini, Tim Garuda Muda akan menghadapi dua lawan tangguh, yakni Bahrain dan China. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menargetkan perolehan enam poin penuh dari dua pertandingan ini.

Pertandingan pertama dalam jeda internasional bulan Oktober akan mempertemukan Timnas Indonesia dengan Bahrain. Pertandingan tersebut akan digelar di kandang Bahrain, yang merupakan tantangan besar bagi Tim Garuda Muda.

Di atas kertas, Bahrain adalah lawan yang cukup sepadan dengan Indonesia. Seperti halnya Indonesia, Bahrain juga berhasil lolos dari ronde kedua dengan status sebagai runner-up grup. Saat ini, Bahrain berada di peringkat ketiga klasemen sementara, satu strip di atas Indonesia yang mengoleksi dua poin dari dua pertandingan sebelumnya.

Meski Bahrain berhasil meraih kemenangan atas Australia pada pertandingan pertamanya, mereka justru harus menelan kekalahan telak 0-5 dari Jepang pada laga kedua. Hal ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk tampil maksimal dan mencuri poin penuh di laga ini.

Strategi Taktik Bahrain dan Indonesia

Bahrain, yang dilatih oleh Dragan Talajić, konsisten menggunakan formasi 4-4-2 pada dua pertandingan sebelumnya melawan Australia dan Jepang. Tim ini mengandalkan pemain-pemain senior, di mana enam dari sebelas pemain utamanya berusia 30 tahun atau lebih. Kelemahan ini bisa dimanfaatkan oleh Indonesia yang memiliki pemain-pemain muda dengan stamina lebih terjaga.