Sekda M.Bari Hadiri Pembukaan Peparnas XVII, Semangati Atlet Kalbar Dulang Prestasi

SOLO – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Mohammad Bari, S.Sos., M.Si., didampingi istri D. Efy Masfiati, menghadiri pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo bertempat di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah, Minggu (6/10).

 

Pesta olahraga tahunan tersebut  digelar mulai dari tanggal 6 hingga 13 Oktober 2024 yang diikuti oleh 35 Provinsi.

 

Peparnas ini merupakan suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet[1] penyandang disabilitas Indonesia.

 

Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya

 

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan kehadirannya khusus untuk menyaksikan atlet disabilitas bertanding dan official peserta Peparnas.

 

“Kita semua patut berbangga karena atlet penyandang disabilitas Indonesia daya juang yang luar biasa, prestasinya juga sangat membanggakan, diajang ASIAN Paragames misalnya Indonesia meraih juah umum tiga kali berturut-turut yaitu ASIAN Paragames 2017, 2022 dan 2023,” terangnya.

 

Ia mengungkapkan, Peparnas ini bukan hanya sebuah pertandingan. Namun sebagai panggung kesetaraan bagi atlet disabilitas untuk turut menampilkan kemampuan terbaiknya.

 

“Oleh sebab itu, mari kita sukseskan Peparnas yang tidak hanya melahirkan atlet potensial dan para pencetak rekor baru, tetapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya,” ajaknya.