Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Pimpin Apel Akbar Hari Santri Nasional Tahun 2024

KETAPANG- Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Maryadi Asmui’e memimpin Apel Akbar Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024, pada Selasa (22/10) bertempat di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

 

Pada Apel akbar ini diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia dan Mars Hari Santri. Selanjutnya dibacakan ikrar Hari Santri dan Pembacaan Resolusi Jihad.

 

Membacakan sambutan Menteri Agama RI, Staf Ahli mengatakan Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah,” ujarnya.

 

Salah satu bukti lanjutnya yaitu perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syaikh Kyai Haji Hasyim Asyari.

 

“Dalam fatwa “Resolusi Jihad” itu Hadratus Syaikh Kyai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa “…berperang menolak dan melawan penjajah itu Fardlu‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.” Tuturnya.