Sport  

Ribuan Suporter akan Hadir Dukung Timnas Indonesia di Stadion Bahrain

Suporter Indonesia memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia saat melawan Timnas Australia dalam pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). Foto : Istimewa

FAKTA GRUP – Timnas Indonesia akan dapat banyak dukungan saat tampi di markas Bahrain dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ribuan suporter akan mendukung Skuad Garuda langsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memperkirakan lebih dari 1.500 suporter bakal memotivasi Timnas Indonesia secara langsung di Bahrain. Dari jumlah itu, suporter Timnas Indonesia di Timur Tengah, mulai dari Bahrain, Arab Saudi, Qatar, Kuwait, hingga Oman.

“Mungkin sekira hampir 1500-an. Ada dari Qatar, dari Arah Saudi, kemudian dari Bahrain sendiri pun hampir 400 orang,” kata Arya dalam keterangan resminya, Rabu (9/10/2024).

“Ada (dari) Oman juga, ada Kuwait juga, jadi sekira hampir 1.500 suporter kita di sana. Ini saya terima laporan dari Garuda Qatar (kelompok suporter Timnas Indonesia) karena kami berhubungan sama mereka lalu kami kontak mereka dan support mereka juga.”

Sebelumnya, PSSI telah meminta kuota 2.000 untuk pendukung Timnas Indonesia kepada Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA). Jumlah ini hanya sebagian kecil dari 24 ribu kapasitas Bahrain National Stadium.

“Kami minta 2.000 kemarin. Mudah-mudahan dapat ya memang belum tahu diterima atau tidak,” katanya menutup.

Duel Timnas Indonesia vs Bahrain merupakan laga ketiga Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Status tuan rumah tentu menguntungkan timnas Bahrain.

Namun, Tim asuhan Shin Tae-yong juga dipastikan mendapat dukungan langsung dari suporternya. Kehadiran pendukung Timnas Indonesia tentu sangat berarti untuk menambah semangat bertanding pada pemain.

Pertandingan melawan Bahrain sangat penting bagi Timnas Indonesia untuk mencuri tiga poin pertama. Pada dua laga sebelumnya anak asuh Shin Tae-yong berhasil mengimbangi Timnas Arab Saudi (1-1) dan Timnas Australia (0-0).

Timnas Indonesia saat ini masihduduk di peringkat keempat klasmen sementara Grup C dengan catatan dua poin. Posisi Indonesia di klasemen akan melesat naik jika mampu mengamankan poin penuh dari markas Bahrain.