Dipekerjakan PT SPM, Tenaga Kerja Asing Beli Emas ke Panambang Tradisional

Tenaga Kerja Asing yang dipekerjakan oleh PT SPM di lokasi tambang emas di Sungai Kapuas, Sanggau. Foto : Istimewa

FAKTA KALBAR – PT. Satria Pratama Mandiri (SPM) diduga kembali mempekerjakan warga negara asing di lokasi tambang yang beroperasi di Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim liputan Fakta Kalbar pada Senin 12 Agustus 2024, setidaknya terdapat enam tenaga kerja asing, satu diantaranya bernama Tang Zhoung berasal dari China, yang didatangkan PT SPM ke Sanggau.

Adapun, keberadaan warga negara asing ini ditugaskan untuk memantau aktivitas tambang emas PT SPM yang beroperasi di kawasan sungai Desa Inggis, Kecamatan Mukok.

BACA JUGA : Pasang Galvalum Ruko, Pekerja Bangunan Tewas Tersengat Listrik

Selain bekerja memantau aktivitas tambang, tenaga kerja asing ini juga ditugaskan untuk membeli hasil tambang dari penambang tradisional yang menambang emas di lokasi tersebut.

Sekedar informasi, dalam menjalankan aktivitas penambangan di sungai, PT SPM melibatkan penambang emas tradisional yang menggunakan peralatan sederhana dan tidak standar.

Keberadaan tenaga kerja asing yang didatangkan oleh PT SPM ini tentunya menjadi polemik, karena hingga kini belum diketahui secara pasti apakah warga negara asing yang didatangkan tersebut mengantongi visa kerja atau tidak.

Untuk itulah, tim liputan Fakta Kalbar mencoba menanyakan keberadaan warga negara asing yang dipekerjakan oleh PT SPM ke Kantor Imigrasi. Namun, hingga kini belum ada keterangan resmi dari petugas Imigrasi setempat.

BACA JUGA : Tinggal Tunggu waktu, Gempa Megathrust Berpotensi Guncang Indonesia