Juli Sampai Agustus BPBD Sanggau Antisipasi Kebakaran Lahan

SANGGAU- Menghadapi musim kemarau tahun ini, dan mengatisipasi timbulnya kabut asap yang disebabkan pembukaan lahan dengan cara dibakar sudah menjadi problem tahunan bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

 

Mengatasi hal itu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sanggau sejauh ini telah melakulan sosialisasi ke tiap Kecamatan terkait aturan yang ditetapkan pemerintah tentang tata cara pembukaan lahan.

 

Hal itu dianggap perlu dilakukan mengingat di bulan Juli sampai Agustus banyak masyarakat lokal yang membuka lahan dengan cara dibakar untuk menanam padi.

 

Plt Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan melalui Ketua TRC, Tri Dibio Selasa (16/7) sore mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, diantaranya Manggala Agni, KPH, TNI dan Polri juga pihak Kecamatan dan Desa.

 

“Jadi bila ada warga desa yang ingin mebuka lahan untuk menanam padi, kita minta untuk pihak desa memonitornya dan jangan melakukan pembakaran lahan secara bersamaan, karna itu bisa mryebapkan timbulnya kabut asap,” ungkap Ketua TRC, Tri Dibio atau yang biasa disapa Oneng.