Puan Maharani Dukung Perkuat Kerjasama Sister City Tiongkok dan Indonesia

Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Tiongkok. Foto : Humas DPR RI

Sejauh ini Indonesia dan Tiongkok telah menjalin kerja sama sister city untuk Kota Chengdu dan Kota Medan.

Menurut dia, sektor yang didorong untuk kerja sama, di antaranya adalah bidang pariwisata dan. Sebelum pandemi COVID-19, menurut dia, wisatawan dari Tiongkok ke Indonesia cukup besar.
“Hampir 700 ribu orang dari Tiongkok datang ke Indonesia untuk berlibur. Kami berharap ke depannya lebih banyak lagi masyarakat Tiongkok dan Indonesia saling berkunjung untuk pariwisata kedua negara,” katanya.
Selain itu, dia juga menekankan pentingnya faktor people to people contact antara kedua negara dapat berkontribusi untuk peningkatan hubungan Indonesia dan Tiongkok.
“Kami dari parlemen tentu saja akan mendukung dan mendorong bagaimana masyarakat kedua negara semakin ditingkatkan, khususnya bagi generasi muda,” katanya.
Dia juga berharap agar kerja sama di bidang pendidikan juga semakin diperbesar karena sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama pendidikan.
“Saya berharap ada pertukaran mahasiswa antara Chengdu dengan mahasiswa-mahasiswa dari daerah-daerah di Indonesia,” kata dia.
Untuk itu, dia memastikan DPR RI akan terus memberi dukungan kepada Pemerintah Indonesia untuk bekerja sama dengan Tiongkok. Apalagi, kata dia, sebentar lagi akan ada pergantian pemerintahan di Indonesia usai Pemilu 2024.***