Busyet! Produksi Sampah di Banda Aceh Capai 258 Ton Setiap Hari

Ilustrasi sampah. Foto : Istimewa

FAKTA KALBAR – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Kebersihan Kota (DLHK3) Banda Aceh menyebut produksi sampah oleh masyarakat kota itu mencapai 258 ton per hari, dan masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa.

“Rata-rata produksi sampah di Banda Aceh 258 ton per hari. Tetapi pergerakannya naik turun,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK3 Kota Banda Aceh Asnawi, di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan jika dilihat tren produksi sampah dari tahun ke tahun, produksi sampah di wilayah itu cenderung menunjukkan peningkatan. Hal ini terjadi karena laju pertumbuhan penduduk di Banda Aceh.

Produksi sampah ini bukan hanya dari penduduk berdomisili di wilayah Banda Aceh, tetapi juga dari pedagang, mahasiswa, dan pekerja dari kabupaten tetangga yang beraktivitas di Banda Aceh.

“Jadi selama aktivitas di Banda Aceh mengeluarkan sampah, dan kita tampung sampahnya,” ujarnya.

Biasanya, dia menambahkan, produksi sampah harian di Banda Aceh juga menunjukkan peningkatan saat momentum tertentu seperti Ramadhan, Lebaran, dan saat penyelenggaraan agenda-agenda pariwisata, budaya dan festival lainnya.