Kemunculan Orangutan di Jalan Raya, BKSDA Kalbar Segera Lakukan Kajian Habitat

Tim SKW I BKSDA Kalbar-Ketapang melakukan Groundcheck ke lokasi dimana informasi kemunculan individu orangutan hingga ke pinggir jalan raya.(foto:BKSDA KB)

 

Tim SKW I Ketapang bersama-sama Kepala Desa dan masyarakat setempat juga melakukan pengecekkan ke beberaapa lokasi dan kebun masyarakat sekitar dijumpainya orangutan. Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat, RM Wiwied Widodo dalam arahannya kepada tim menginstruksikan untuk selalu berkoordinasi dengan Balai TN Gunung Palung, Aparat Desa dan warga untuk membantu pemantauan dan pengamanan aktifitas masyarakat apabila terjadi Interaksi Negatif satwa.

 

Langkah awal yang dilakukan oleh tim di lapangan saat ini adalah dengan menempatkan petugas dari tim WRU SKW I Ketapang untuk mengkoordinir pemantauan aktifitas dilapangan.

 

Hal lain yang disampaikan RM Wiwied Widodo dalam keterangannya, “BKSDA Kalbar akan segera melakukan kajian habitat disekitar tempat dijumpainya orangutan termasuk di lokasi-lokasi konsesi perkebunan maupun Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) serta memberikan dan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan apabila ditemukan kembali Orangutan”.

 

“Upaya penyelamatan satwa dengan evakuasi dan pelepasliaran juga kita siapkan jika memang perlu dilakukan. Kita juga akan terus memonitor dan melakukan Penghaluan kembali ke kawasan Taman Nasional Gunung Palung serta jika evakuasi, nantinya akan dipelepasliaran ke kawasan Taman Nasional Gunung Palung  oleh tim WRU BKSDA Kalbar dan tim WRU BTN Gn. Palung”, imbuhnya.(rfk/*r)