Lanting Jeck PTM SPM Digeruduk Warga yang Tolak Penambangan Emas

Puluhan warga Desa Nanga Biang saat menggeruduk lanting jeck di sungai Kapuas milik PT SPM belum lama ini.(foto:ist)
Sanggau- Puluhan warga Desa Nanga Biang Kecamatan Kapuas baru-baru ini menggeruduk lanting jeck yang parkir di sungai Kapuas. Aksi warga tersebut terekam video dan disebarkan melalui group WhatApps. Warga tegas menolak rencana beroperasinya pertambangan emas yang dilakukan di sungai Kapuas dibawah bendera PT. Satria Pratama Mandiri (SPM).
Dalam video berdurasi 36 detik itu terlihat satu orang Anggota TNI yang belakangan diketahui Bhabinsa Desa Nanga Biang mencoba menenangkan warga. Meski dikelilingi warga, Anggota TNI tersebut terlihat sedang berdiskusi dengan warga. “Untong ada TNI, kalau madasik mungkin dah ribut orang kampong,” ungkap salahsatu warga yang tak mau menyebutkan namanya.
Sebelumnya, warga desa Nanga Biang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau menolak rencana beroperasinya pertambangan emas di sungai Kapuas dibawah bendera PT. SPM. Penolakan tersebut disampaikan warga saat berdiskusi dengan Forkompimcam Kapuas beserta perwakilan PT. SPM beberapa waktu lalu.
Menurut warga, keberadaan perusahaan milik pengusaha asal China tersebut berpotensi merusak ekosistem yang ada di sungai Kapuas. (rfk)