Sekda Ketapang Himbau Masyarakat Jaga Lahan dan Hutan dari Kebakaran

Pemerintah daerah meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk secara bersama-sama mencegah terjadinya karhutla dan pengendalian karhutla, dikarenakan karhutka akan berdampak ke berbagai sektor termasuk ekonomi dan kesehatan.

“Kuncinya adalah kita harus berkolaborasi, kita harus bersinergis seluruh pihak karena ini merupakan tanggung jawab kita semua. Kalau sampai terjadi akan sangat merugikan kita dari aspek kesehatan, dari aspek ekonomi dan ekosistem, karena itu kita hari ini menyatakan kesiagaan,” ucap Sekda,

Sementara itu Kabag Ops Polres Ketapang Kompol Yafet Efraim Patabang menjelaskan, Polres Ketapang membentuk 2 tim terdiri dari 80 personil yang di sebar ke wilayah Matan Hilir Utara dan Matan Hilir Selatan dengan pertimbangan wilayah tersebut sangat sering terjadinya karhutla.

“Kami dari Polres Ketapang membentuk 2 tim terdiri dari 80 personil kami bagi menjadi 2 tim, tim ini kami siapkan untuk membantu setiap polsek di 4 kecamatan karena daerah yang paling rawan karhutla,” terang Kabag Ops.

Pemda mengharapkan kepada seluruh satgas penanggulangan dan pencegahan karhutla Kabupaten Ketapang dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas untuk melakukan kegiatan pemadaman, patroli dan mensosialisasikan seruan atau larangan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan serta melakukan upaya-upaya produktif lainya yang dapat mengurangi dan mencegah terjadinya karhutla.(rfk)