Sekda Ketapang Himbau Masyarakat Jaga Lahan dan Hutan dari Kebakaran

Ketapang- Bupati Ketapang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Alexander Wilyo melaksanakan dan menjadi inspektur upacara pada Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Ketapang, pada Jum’at (24/2) bertempat di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

Sekda menjelaskan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Ketapang salah satunya melakukan persiapan Sarana dan Prasarana Pendukung (Sarpras) serta kesiapan personil di lapangan.

“Kita lakukan pencegahan salah satunya hari ini kita melakukan kesiapsiagaan, melakukan pengecekan personil, pengecekan peralatan seluruh jajaran dari pemerintah daerah, instansi vertikal dan masyarakat, kami hari ini menyatakan bahwa kita siap menghadapi potensi ataupun terjadinya karhutla,” jelasnya.

Pemda juga akan melakukan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan karhutla, edukasi yang akan dilakukan berupa larangan pembukaan lahan dengan cara dibakar sehingga nantinya akan memicu terjadinya karhutla.

“Di tahap pencegahan ini juga kita akan melakukan upaya edukasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan saat membuka lahan supaya tidak menyulut terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” terang Sekda.