Malam Tahun Baru di Ketapang Diprediksi Cerah, BMKG Himbau Tetap Waspada

Ketapang- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Ketapang memprediksi cuaca di Kabupaten Ketapang pada 31 Desember 2022 akan cerah dan berawan.
Petugas Forcaster BMKG Ketapang Fazrul menjelaskan, meski diprediksi cuaca cerah namun masih berpotensi hujan beritensi sedang pada beberapa kecamatan di Kabupaten Ketapang seperti Kecamatan Kendawangan, Delta Pawan dan Manis Mata.“Meskipun diprediksi dominan cerah hingga berawan tetapi masih ada potensi hujan beritensi sedang di beberapa kecamatan,” ucapnya Kamis (29/12).
Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang Yunifar Purwantoro menjelaskan, hingga tanggal 29 Desember 2022 ada 11 desa dan 2 kecamatan yang mendukung banjir saat cuaca ekstrim terjadi.
“Ada 11 desa dan 2 kecamatan yang terkena, dengan total 967 kepala keluarga (KK) yang terkena dampak, yang terparah di daerah pesisir Kecamatan Kendawangan, mengakibatkan 56 orang mengungsi,” jelasnya.
BPBD Kabupaten Ketapang terus melakukan pemantauan dan himbauan kepada masyarakat agar selalu waspada dan memindahkan barang berharga ke tempat yang lebih aman.
“Tim terus melakukan pelatihan ketinggian gelombang air laut, jika membahayakan warga maka tim mengingatkan kepada masyrakat agar mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tutupnya.(rfk)