Bari Optimis Akselerasi Perluasan Digitalisasi Daerah di Kalbar

PONTIANAK – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Pendapatan Daerah menggelar High Level Meeting Rapat Koordinasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) , Jum’at (25/10).

 

Kegiatan tersebut dalam rangka akselerasi perluasan dan implementasi elektronifikasi Pajak dan Retribusi Daerah, di sisa waktu semester IV Tahun 2024 ini bersama dengan PJP Bank dan non Bank, serta Bank RKUD melalui berbagai kanal pembayaran non tunai.

 

Dalam sambutannya, Sekda Kalbar, Mohammad Bari, menyebutkan High level Meeting ini yang menjadi pijakan penting agar semua memiliki wawasan serta pemahaman yang sama guna memantapkan kembali pengimplementasian ETPD di Provinsi Kalimantan Barat dalam mendukung percepatan perluasan digitalisasi daerah.

 

“Pemerintah bersama Perbankan secara kolektif telah bekerja sama membangun keamanan transaksi elektronik yang mudah, aman dan handal. Pola transaksi non tunai secara digital ini diharapkan dapat memberikan dampak positif guna terwujudnya pelayanan Publik yang prima serta pemerintahan yang bertanggung jawab dan bersih dari fraud,” kata Bari.

 

Dirinya menambahkan, elektronifikasi transaksi telah membantu pemerintah mengotomatisasi proses bisnis layanan secara efisien dan akurat.

 

Pada pendapatan daerah, kami percaya bahwa elektronifikasi berdampak positif pada peningkatan Pajak dan Retribusi serta pendapatan lainnya. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bertekad untuk terus berupaya menyediakan pilihan kanal-kanal transaksi non tunai pada sisi pendapatan.