Norsan Singgung Peran Wakil yang Harus Diberikan Seluas-luasnya, Sutarmidji: Ini Debat, Jangan Curhat

Foto bersama antara para pasangan calon usai debat publik pertama di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (23/10/2024). Foto: Fakta Kalbar/Mario

PONTIANAK – Momen unik terjadi saat debat publik pertama calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat 2024, Rabu (23/10/2024) usai Pasangan Calon Nomor Urut 2, Ria Norsan – Krisantus menanyakan perlunya ada sinergitas antara gubernur dan wakil gubernur kepada Pasangan Calon Nomor Urut 3, Muda Mahendrawan – Jakius.

“Apakah Bapak Muda sebagai gubernur akan memberikan peran seluas-luasnya kepada wakil bapak untuk melaksanakan tugas sehari-harinya sesuai regulasi yang ada? Karena untuk mencapai tujuan bapak dalam program yang bapak buat mestinya akan dibantu oleh wakil. Terima kasih Pak Muda dan Pak Jakius,” ucap Norsan pada segmen 4 saat menanyai keduanya.

Muda menanggapi bahwa keduanya memiliki tupoksi masing-masing yang harus dijalankan beriringan. Jika, keduanya sudah fokus pada program-program, tidak akan lagi terpikir dengan hal yang remeh.

“Tentu tugas dan tanggungjawabnya sudah ada tupoksi. Namun, dalam komunikasi untuk memberikan saran dan masukan. Kita tetap harus berdiskusi. Tentu ini juga akan memengaruhi hubungan gubernur dan wakil gubernur, karena hubungan yang bisa memberikan fokus pada program-program membuat kita tidak sempat fokus pada hal yang remeh-temeh, ya. Hal yang sifatnya menghabiskan energi,” jelasnya.

Calon Wakil Gubenur Kalimantan Barat Nomor Urut 2, Krisantus menanggapi bahwa gubernur dan wakil gubernur harus cocok sehingga bisa menjalankan program dan visi-misi dengan baik.

“Kenapa saya tanyakan ini? Kalau seandainya gubernur dan wakil gubernur tidak bisa bersama-sama, maka tidak akan mungkin menjalankan program-program dan visi-misi. Namun, jika sudah matching, maka apa yang akan dilaksanakan dan apa yang akan diprogramkan akan cepat terwujud,” ucap Krisantus menanggapi.

Menjawab itu, Muda hanya berterima kasih atas saran dan motivasi Pasangan Calon Nomor Urut 2 tersebut, juga berharap semoga menjadi pertanda baik bagi dirinya dan Jakius Sinyor.