Bencana Megathrust Belum Dapat Dipastikan Waktu Terjadi, Danny: Kita Aman Selama Mitigasinya Benar

Peta sejarah gempa besar di Indonesia dalam 100 tahun terakhir (1900 - 2019) oleh Pakar Geologi Gempa Bumi dan Geotektonik Pusat Penelitian Geoteknologi BRIN, Danny Hilman. Foto: Materi Webinar Danny Hilman

JAKARTA – Potensi terjadinya Megathrust di Indonesia beberapa waktu ini menjadi suatu hal yang banyak diperbincangkan masyarakat. Terlebih daerah terdampak, seperti Sumatera, Jawa dan Bali – Nusa Tenggara.

Majelis Pengurus Pusat ICMI bekerja sama dengan Center for Information and Development Studies Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (CIDES ICMI) mengadakan Webinar Nasional “Perkembangan Terkini Megathrust dan Mitigasi Bencana Indonesia” yang diadakan Jumat (18/10/2024) via Zoom Meeting.

Pakar Geologi Gempa Bumi dan Geotektonik Pusat Penelitian Geoteknologi BRIN, Danny Hilman menyampaikan bahwa hingga saat ini kita masih belum bisa menyebutkan terjadinya bencana tersebut secara persis terlebih dengan kurangnya teknologi. Namun, dengan mengetahui bencana tersebut, persiapan mitigasi dan rancangan pencegahan penanganan bencana dapat dipersiapkan dengan baik dan matang.