20 Kepala Negara dan 34 Delegasi Internasional Tiba di Indonesia Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Wakil Pertama PM Rusia Denis Manturov Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. source: Tangkapan Layar Live Youtube Sekretariat Kabinet

JAKARTA – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, suasana diplomatik mulai terasa di Indonesia. Sebanyak 20 kepala negara bersama 34 perwakilan dari berbagai negara sahabat dijadwalkan menghadiri momen bersejarah tersebut pada Minggu, 20 Oktober 2024. Pelantikan ini akan digelar di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI dan dilanjutkan di Istana Negara, Jakarta.
Pada Sabtu pagi (19/10/2024),

Perdana Menteri Rusia Denis Manturov tiba pertama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kedatangan Manturov disambut hangat dengan upacara kenegaraan yang meriah. Lantunan musik instrumen, pengibaran bendera Rusia dan Indonesia secara berdampingan, serta penyambutan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menambah khidmat suasana kedatangan.

Rombongan Manturov segera diarahkan menuju mobil Kedutaan Besar Rusia dengan pengawalan ketat oleh pasukan TNI. Dalam pelantikan ini, kehadiran para delegasi diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral dan memperkuat kerja sama antarnegara.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menekankan pentingnya pelantikan ini sebagai simbol demokrasi dan kedaulatan Indonesia. Dalam amanatnya saat apel gelar pasukan di Lapangan Silang Monas, Jumat (18/10/1014), Agus mengungkapkan bahwa 100.000 personel TNI akan dikerahkan, termasuk pasukan khusus dan penembak runduk untuk pengamanan VVIP. Pasukan gabungan TNI dan Polri akan ditempatkan di tiga ring pengamanan guna mengantisipasi segala potensi ancaman.