Harisson Tinjau Sosok,Salurkan Bantuan dan Pastikan Keselamatan Warga

SANGGAU – Gubernur Kalimantan Barat, dr. H. Harisson, M.Kes., didampingi jajaran instansi terkait meninjau langsung lokasi banjir di Kabupaten Sanggau tepatnya di Desa Sosok Kecamatan Tayan Hulu yang cukup berdampak terhadap warga dan jalur utama transportasi penghubung di wilayah tersebut, Jumat, (18/10).

 

Setibanya di lokasi yang terdampak banjir selama kurang lebih 3 hari tersebut, Harisson langsung mengecek kondisi dan menyerahkan bantuan kepada para pengungsi di Kantor Desa Sosok, Kecamatan Tayan Hulu.

 

Menanggapi situasi ini, Harisson menyatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen penuh untuk menangani banjir di Desa Sosok dan daerah – daerah lain yang terdampak.

 

“Kami akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk BPBD dan Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) 1, untuk mencari solusi jangka pendek dan jangka panjang. Saat ini, prioritas kami adalah memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga yang terdampak. Kami juga telah menyiapkan bantuan logistik dan obat obatan serta akan terus memantau situasi. Untuk jangka panjang, kami akan mendorong kajian komprehensif tentang penyebab banjir dan implementasi solusi yang efektif,” jelas Harisson.

 

Untuk diketahui, bantuan yang diserahkan oleh Pemerintah Provinsi saat ini merupakan upaya konkret untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir.

 

Adapun rincian bantuan yang diserahkan adalah 300 paket makanan anak, 50 paket kids wear, 200 paket sandang anak, 100 paket sandang dewasa, 75 lembar kasur, 100 lembar selimut, 40 paket sembako (APBD) yang terdiri dari Beras 5 kg, Gula 1 kg, Minyak goreng 1 liter, Indomie 22 bungkus, dan 4.443,6 kg beras.

 

Sementara itu, di lokasi tersebut Kepala Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan – Balai Wilayah Sungai Kalimantan 1 menyatakan bahwa sebelum melakukan tahapan pengerjaan, diperlukan kajian mendalam mengenai penyebab banjir.