Keputusan Kontroversial Wasit Jadi Sorotan Media Asing: Indonesia Kehilangan Kemenangan atas Bahrain

Ahmed Al Kaf, wasit pertandingan kualifikasi piala dunia Indonesia vs Bahrain. Foto: United About akun sosial media X/twitter @utdabout

PONTIANAK – Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (10/10/2024), menjadi pusat perhatian sejumlah media internasional.

Laga yang berakhir imbang 2-2 di Bahrain National Stadium ini tidak hanya menarik dari segi permainan, namun juga karena berbagai keputusan wasit yang dipandang kontroversial.

Menurut media ternama ESPN, Indonesia terus menunjukkan performa yang mengesankan dan menolak untuk dikalahkan meski menghadapi tim yang secara peringkat lebih tinggi. “Di atas kertas, imbang di kandang Bahrain yang mengalahkan Australia pada pertandingan sebelumnya bukanlah hasil buruk. Tapi cara Indonesia gagal meraih kemenangan pertama mereka di kualifikasi ini akan menimbulkan kekecewaan,” tulis ESPN.

Chosun, media asal Korea Selatan, menyebut bahwa pertandingan ini menjadi kekecewaan bagi Indonesia yang hampir meraih kemenangan penting.

“Indonesia berkembang pesat di bawah asuhan Shin Tae-yong. Mereka berhasil menahan imbang Arab Saudi dan Australia, meningkatkan harapan mereka untuk lolos ke Piala Dunia,” tulisnya. Namun, hasil imbang ini menempatkan Indonesia di posisi kelima dengan tiga poin hasil dari tiga kali imbang.