Jokowi Resmikan Istana Negara IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

FAKTA GRUP – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). Pada kesempatan itu, Kepala Negara hanya meresmikan Istana Negara sebab Istana Garuda masih tahap penyelesaian akhir bangunan.

Ia menyebutkan, proses penyelesaian akhir Istana Garuda akan rampung sekitar satu bulan ke depan. Sehingga, nantinya peresmian tersebut akan dilakukan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Pada sore hari ini kita akan bersama-sama meresmikan istana negara di IKN. Dan Karena Istana Garuda masih dalam proses finishing dan memungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan,” kata Presiden.

“Maka pada hari ini, saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu. Nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto,” ujarnya.

Presiden menilai dari sisi kualitas bangunan Istana Negara yang diresmikan sangat bagus. “Finishingnya bagus, pengecetan bagus, sampai detil-detil ukirannya bagus, saya kira kualitasnya bagus,” ucapnya.

Prosesi peresmian diawali dengan penyerahan sertifikatdari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono. Sertifikat diberikan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sertifikat hak pakai nomor 11 itu bernomor induk bidang elektronik 1484 atas nama Pemerintah RI dengan luas 56,87 hektare. Istana Negara sendiri terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Istana ini menempati lahan kompleks Istana Kepresidenan dengan luas tapak mencapai 334.200 meter persegi. Seremoni peresmian dilakukan Presiden Jokowi dengan menandatangani prasasti dan penekanan tombol sirine.

Selain Istana Negara, di lokasi itu juga ada Istana Garuda yang berfungsi sebagai kantor presiden. Istana Garuda terletak di atas bukit, di belakang Istana Negara, serta menghadap ke Taman Plaza Seremoni dan Bukit Bendera IKN.