Pemerintah Pertimbangkan Sistem Pembayaran Tol Nirsentuh untuk Cegah Kemacetan

Tol Bali Mandara salah satu dari tujuh ruas jalan tol yang akan uji coba penerapan sistem bayar non tunai yang dikenal Nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF). (Foto: BPJT)

FAKTA GRUP – Pemerintah Indonesia mempertimbangkan, penerapan sistem pembayaran tol nirsentuh atau Multiland Free Flow (MLFF) untuk mempercepat arus lalu lintas. Sistem ini, diharapkan mengurangi kemacetan di gerbang tol yang sering menjadi penyebab kepadatan lalu lintas.

“Nirsentuh itu akan mempercepat proses transaksi sehingga botol nek di gerbang relatif tidak ada. Negosiasi dengan pihak Hungaria terus dilakukan agar sistem dapat disesuaikan,” kata Anggota Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Sony Sulaksono saat berbicang bersama Pro3 RRI, Minggu (6/10/2024).

Menurutnya, melalui sistem MLFF diharapkan dapat diterapkan secara bertahap di beberapa ruas tol. “Kita coba terapkan di beberapa tempat dulu, misalnya di Bali atau di beberapa tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” katanya, menjelaskan.

Selain itu, lanjut dia, langkah ini bertujuan untuk melihat efektivitas sistem. Sekaligus, untuk melihat adaptasi masyarakat terhadap perubahan tersebut.

“Meski berpotensi memperlancar lalu lintas, sistem ini tetap memerlukan penyesuaian agar sesuai dengan kebiasaan pengguna jalan di Indonesia. Salah satu tantangan yang dihadapi yaitu rendahnya tingkat kedisiplinan pengguna jalan,” ujarnya.