Kalbar  

Hadiri Festival Budaya Mande Bedel Keraja dan Perang Ketupat, Ini Harapan Pj Sekda Sanggau

Penjabat Sekda Sanggau Aswin Khatib saat mengikuti mengikuti Festival Budaya Mande Bedel Keraja dan Perang Ketupat di Tayan, Minggu 6 Oktober 2024

FAKTA GRUP – Penjabat Sekretaris (PJ) Daerah Kabupaten Sanggau Aswin Khatib menghadiri pembukaan festival budaya mande bedel keraja dan perang ketupat di Keraton Pakunegara Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, Minggu 6 Oktober 2024.

Penjabat Sekda Sanggau Aswin Khatib menyampaikan acara festival budaya ini dapat secara terus menerus menjadi upaya melestarikan khazanah adat budaya yang bernilai sejarah, agar tetap eksis dan berkembang serta tidak hilang ditelan zaman.

“Dalam upaya mencapai visi daerah, yakni mewujudkan Kabupaten Sanggau yang berbudaya dan beriman, bermartabat, maju dan terdepan, kita harus bersama-sama melestarikan, memajukan serta mengembangkan nilai-nilai budaya yang menjadi pegangan kita dalam menciptakan kehidupan yang harmonis, damai dan kondusif ditengah-tengah masyarakat kita.” ujarnya.

Sekda berharap, festival ini dapat dijadikan sebagai upaya memperkenalkan budaya Keraton Pakunegara Tayan dikalangan masyarakat luas, agar dikenal dan dapat terus berkembang, maju serta lestari sepanjang masa.

“Maari kita berikan dukungan bersama dalam melaksanakan kemajuan budaya, karena pada momentum inilah, dapat kita jadikan sebagai media dalam pengembangan kreatifitas serta karakteristik generasi muda dimasa depan dan yang tak kalah pentingnya, melalui festival ini, kita berupaya untuk mempersiapkan sejak dini generasi muda, untuk bisa eksis serta memiliki ilmu dalam menjaga adat, harkat, martabat dan budaya, sehingga tetap lestari,” pesannya.

Sekda megapresiasi Raja Pakunegara Tayan beserta jajaran panitia yang telah mempersiapkan segala sesuatu, demi sukses dan lancarnya penyelenggaraan festival ini.

“Terimakasih kepada Raja Paku Negara Tayan karena telah melestarikan adat dan budaya yang begitu bermartabat ini,” pungkasnya.