Harisson Ingin Kalbar Jadi Tuan Rumah PON Nantinya

BANDA ACEH – Gubernur Kalimantan Barat, dr. H.Harisson, M.Kes. bersama Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP., M.Si. menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 yang secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin malam (9/9).

 

Rangkaian acara Pembukaan PON XXI yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2024 dimulai pukul 20.00 WIB yang diawali dengan penampilan tari-tarian yang mengangkat kearifan lokal sekaligus menggambarkan kekayaan budaya Aceh. Ada pula pembacaan ayat suci Alquran dan hiburan kembang api.

 

Selain Presiden RI, Jokowi, Menpora RI, Dito Ariotedjo, Ketua KONI Marciano, Gubernur seluruh Indonesia dan Atlet panjat tebing peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 Veddriq Leonardo menjadi wakil dari para kontestan untuk membacakan janji atlet turut hadir pada pembukaan PON XXI.

Seperti kita ketahui pembukaan PON XXI juga berlangsung di Sumatera di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sama seperti di Aceh, di Stadion Baharuddin Siregar pun ada beragam acara pembukaan dan defile. PON XXI secara resmi digelar pada 9-20 September 2024. Walaupun upacara pembukaan baru akan dilaksanakan malam ini, rangkaian kompetisi PON 2024 sudah bergulir sejak 28 Agustus lalu.

 

PON pada tahun ini mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 sedangkan Kalimantan Barat mengikuti 32 Cabor dengan 162 atlet yang mengikuti 15 Cabor di Aceh dan 17 Cabor di Sumatera Utara (Sumut). PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi-event nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

 

Usai menyaksikan seremoni pembukaan, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. H.Harisson, M.Kes. mengungkapkan bahwa pembukaan PON XXI ini sangat meriah dengan sajian atau tampilan memukau yang disajikan. Menurutnya pembukaan pada malam hari ini juga telah berhasil dibuka dengan begitu meriah.

 

“Tadi kita lihat bersama pembukaan PON XXI Aceh-Sumut ini begitu meriah, dan dibuka langsung oleh Pak Presiden Jokowi, bersama Ibu Negara. Dan yang tak kalah membanggakan atlet kebanggaan Kalimantan Barat yaitu Veddriq Leonardo ditunjuk untuk mengucapkan janji atlet,” terangnya.

 

Orang nomor satu di Kalimantan Barat juga menyampaikan keinginan dan harapannya agar suatu saat Provinsi Kalbar juga bisa menjadi tuan rumah PON. Namun untuk mencapai itu, dari sekarang menurutnya harus dipersiapkan sarana prasarana olahraga penunjang yang sesuai dengan standar.