Alumni Tata Busana SMK Negeri 5 Pontianak Raih Juara II Karya Kreatif Muda di Ajang KKI 2024

Presiden RI, Joko Widodo saat penutupan Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali diselenggarakan yang berkolaborasi dengan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI).

FAKTA KALBAR  – Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali diselenggarakan yang berkolaborasi dengan Festival Ekonomi
Keuangan Digital Indonesia (FEKDI).

Sinergi dan kolaborasi sebagai kunci dalam terselenggaranya flagship event Bank Indonesia bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan stakeholders terkait.

FEKDI x KKI yang diselenggarakan pada tanggal 1-4 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, turut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain, seminar, talkshow, pagelaran karya kreatif, serta pameran inovasi digital dan UMKM. KKI 2024 yang mengangkat tema “Hamajuon Nagari” merupakan penyelenggaran ke-9 yang dilakukan di setiap tahunnya.

Pada agenda KKI 2024 terdapat lebih dari 1.000 UMKM yang berpartisipasi dan lebih dari 1 juta produk UMKM turut meramaikan, termasuk dari Kalimantan Barat.

Memeriahkan KKI 2024, terdapat 4 UMKM yang hadir langsung dan memamerkan karya wastra Kalimantan Barat terbaiknya, yakni Galeri Kain Pantang Sintang, Dayang Songket, Azman Songket, dan Rumah Rakuji.

Keempat UMKM tersebut merupakan binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Barat dan juga merupakan offtaker dari kelompok perajin binaan yang berada di Kabupaten Sambas,
Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Selama 4 hari pagelaran KKI 2024, omset masing-masing UMKM tersebut berkisar antara Rp56-228 juta dengan total omset dari booth pameran Kalimantan Barat yang berisi 4 UMKM berkisar Rp450 juta.

Selain dari sisi penjualan, telah terjalin perjanjian kerjasama (business matching) dengan buyer luar negeri yakni Signing LoI Natalie Kaneko – Stoneman Co, Ltd. Tokyo dengan Rumah Rakuji.