Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau ke 20 Resmi Ditutup

SANGGAU- Rangkaian Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau ke 20 Tahun 2024 yang berlangsung di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau, resmi di tutup, Selasa (9/7) malam.

 

Gawai yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 7 sampai 9 Juli 2024 turut menampilkan kesenian adat dan budaya Suku Dayak, dan menampilkan berbagai permainan olahraga yang menyita perhatian wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

 

Dihadiri ribuan masyarakat dari penjuru Kabupaten Sanggau dan luar Sanggau Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi ke- 20 resmi ditutup oleh PJ Bupati Sanggau diwakili Asisten II Setda Sanggau Paulus Usrin.

 

Dimalam penutupan Gawai,Asisten II Setda Sanggau Paulus Usrin mengatakan bahwa pelaksanaan Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi merupakan sebuah upaya untuk mewujudkan masyarakat adat dayak yang bermartabat dan bersatu, untuk melangkah bersama mencapai tujuan yang diharapkan.

 

“Pelaksanaan Gawai tahun ini adalah yang ke- 20 bukanlah sebuah hal yang baru saja terjadi, namun Gawai ini adalah sebuah agenda besar masyarakat adat dayak, Gawai ini merupakan sebuah peristiwa bersejarah bagi seluruh masyarakat adat dayak di Kabupaten Sanggau,” terang Paulus Usrin.

 

Dikatakannya, Pemkab Sanggau akan berusaha terus hadir dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat adat dayak di Kabupaten Sanggau, dan juga mengharapkan agar pelestarian adat dan pemberdayaannya menjadi sebuah tujuan prioritas pembangunan daerah.

 

Pelaksanaan gawai ini diharapkan memberikan dampak positif, tidak hanya bagi masyarakat adat dayak secara budaya namun juga berdampak dalam peningkatan perekonomian dan sektor riil lainnya.

 

“Kami mengajak seluruh masyarakat adat dayak dan seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau secara umumnya untuk mensukseskan rangkaian Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Jadikan pelaksanaan Pilkada nanti menjadi sebuah agenda yang penting bagi kita semua demi keberlanjutan pembangunan daerah Kabupaten Sanggau. Wujudkan pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil,”tegasnya.

 

Ia juga mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilihnya untuk memberikan suaranya di bilik suara dan jangan golput. “Karena secara anda dan kita semua merupakan penentu masa depan bumi daranante yang kita cintai ini,”ujarnya.