Faktakalbar.id, PONTIANAK – Wajah pelayanan publik di Kota Pontianak kini semakin modern dan memanjakan masyarakat.
Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pontianak yang berlokasi di Pusat Perbelanjaan Kapuas Indah, Jalan Kapten Marsan Nomor 33, menawarkan pengalaman unik mengurus administrasi pemerintahan sembari menikmati pemandangan Sungai Kapuas.
Baca Juga: Fokus Amankan Rumah Ibadah dan Stabilkan Harga, Pemkot Pontianak Matangkan Persiapan Nataru 2026
Sejak beroperasi penuh, animo masyarakat terhadap fasilitas ini terus meningkat.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pontianak, Erma Suryani, mengungkapkan bahwa sepanjang Januari hingga November 2025, MPP telah melayani 32.559 pengunjung.
“Meskipun fluktuatif, tren kunjungan ke MPP cenderung mengalami kenaikan. Di bulan Januari, total kunjungan berada di angka 2.303 sedangkan di bulan November angka tersebut sudah mencapai 3.216, naik 913 orang,” jelas Erma.
253 Jenis Layanan dalam Satu Gedung
MPP Kota Pontianak mengintegrasikan 23 loket pelayanan yang terdiri dari perangkat daerah, instansi vertikal, badan usaha, hingga lembaga negara.
Total terdapat sekitar 253 jenis layanan yang tersedia, dengan lima instansi yang paling ramai dikunjungi yakni Disdukcapil, DPMPTSP, Imigrasi, BPD, dan Samsat.
Misnawar (40), salah satu warga yang ditemui di lokasi pada Selasa (16/12/2025), mengaku puas dengan kecepatan pelayanan perizinan di MPP.
Baca Juga: Tekan Inflasi Jelang Nataru, Warga Pontianak Kota Serbu 2.187 Paket Sembako Murah
Namun, ia memberikan masukan terkait minimnya fasilitas fotokopi dan cetak dokumen di area tersebut.
Ikut berita menarik lainnya di Google News Faktakalbar.id
















