Sumatera Akan Tambah Panjang Jalan Tol 89,1 Km, Kalimantan Masih Bermimpi Punya Tol

Jalan Tol Padang – Pekanbaru Seksi Bangkinang, Sumatera. (Dok. PT Hutama Karya)

3. Fokus Pemerintah yang Masih Terbagi

Pemerintah Indonesia dalam beberapa tahun terakhir lebih memprioritaskan pengembangan Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera untuk mendukung konektivitas antarwilayah di kedua pulau tersebut. Dengan tingginya volume kendaraan dan aktivitas ekonomi di dua pulau ini, tol menjadi kebutuhan mendesak untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat distribusi barang.

Di sisi lain, Kalimantan masih lebih mengandalkan jalan nasional dan jalan provinsi sebagai jalur utama transportasi. Dengan adanya pembangunan IKN di Kalimantan Timur, ada harapan bahwa proyek jalan tol di Kalimantan bisa segera direalisasikan, terutama untuk menghubungkan IKN dengan kota-kota besar lainnya seperti Balikpapan dan Samarinda.

4. Peran Tol dalam Pertumbuhan Ekonomi

Tol Trans Sumatera telah terbukti meningkatkan efisiensi transportasi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Contohnya, Tol Padang-Sicincin yang menjadi tol pertama di Sumatera Barat telah mendukung kelancaran distribusi dan meningkatkan mobilitas masyarakat setempat.

Jika Kalimantan memiliki jaringan tol, hal ini juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama dalam sektor perkebunan, pertambangan, dan industri lainnya yang bergantung pada transportasi darat.

Meskipun hingga kini belum ada tol di Kalimantan, beberapa rencana pembangunan sudah mulai dipersiapkan. Proyek jalan tol IKN-Balikpapan-Samarinda telah masuk dalam daftar proyek strategis nasional dan diperkirakan akan segera dimulai untuk mendukung konektivitas ibu kota baru.

Namun, dengan melihat pesatnya pembangunan Tol Trans Sumatera, wajar jika masyarakat Kalimantan bertanya-tanya: Kapan giliran Kalimantan? Dengan potensi ekonomi yang besar, infrastruktur jalan tol di Kalimantan seharusnya bisa menjadi prioritas selanjutnya untuk mendukung pemerataan pembangunan di Indonesia.