Bari Optimis Akselerasi Perluasan Digitalisasi Daerah di Kalbar

 

Selain itu, Bari menyatakan bahwa pada sisi Belanja Daerah, Pemerintah Daerah juga telah menerapkan kartu kredit Pemerintah Daerah agar Belanja Daerah dapat diproses lebih cepat guna mempercepat perputaran perekonomian di wilayah Kalimantan Barat.

 

“Kami terus menghimbau kepada seluruh Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat serta Perangkat Daerah Kabupaten/Kota agar senantiasa berupaya mengimplementasikan elektronifikasi transaksi pada semua jenis Belanja Daerah dan Pendapatan Daerah. Kami juga berharap dukungan mitra PT. Bank Pembangunan Daerah Kalbar dapat berjalan seirama dengan perubahan yang dibutuhkan, ketersediaan sistem pembayaran dan kanal pembayaran yang terintegrasi menjadi kunci utama terselenggaranya elektronifikasi transaksi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Barat,” ujar Bari.

Kemudian, menurutnya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah di Wilayah Kalimantan Barat secara umum telah berjalan baik, namun tetap perlu menjadi perhatian bersama terutama pada aspek proses dimana rata-rata Pemerintah Daerah di Wilayah Kalimantan Barat termasuk Pemerintah Provinsi nilai aspek prosesnya kurang maksimal.

 

“Terhadap aspek output, masih terdapat Kabupaten/Kota yang nilai evaluasinya belum mencapai posisi digital. Kami berharap pihak Perbankan agar lebih cepat menyesuaikan tuntutan perubahan dengan membantu fasilitasi pembayaran elektronik terintegrasi pada belanja maupun Pendapatan Daerah. Sedangkan pada aspek outcome seluruh Pemerintah Daerah sudah lumayan baik berada di zona hijau, kami minta untuk dipertahankan hasil ini dan terus lakukan upaya-upaya peningkatan transaksi non tunai.

Selain Bari mengimbau kepada TPID agar seluruh Kepala Daerah Kab/Kota menindaklanjuti hasil rekomendasi dari Rapat Koordinasi TPID se-Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat ini.

 

“Kami berharap untuk seluruh Sekretaris TP2DD yang hadir pada hari ini agar lebih giat mengagendakan high level meeting, capacity building serta literasi masyarakat,” pungkasnya.(rfk/*rfn/Sri adpim)