Mengekal di Padang Bal, Rekam Jejak Perjalanan Sepak Bola Pontianak

PONTIANAK – Mengekal di Padang Bal merupakan sebuah buku tentang rekam jejak perjalanan sejarah sepak bola di Kota Pontianak. Sang penulis mengumpulkan bagian-demi bagian cerita lama ini dengan tujuan, agar cerita sejarah sepak bola Kota Pontianak tetap mengekal pada generasi mendatang

 

“Buku ini berisikan cerita dari 17 klub resmi di bawah naungan PSSI Kota Pontianak. Kisah-kisahnya dari para pendiri klub di tahun 40 an sampai 2000an ke atas. Selain itu adapula cerita para pemain di luar lapangan hijau,” ujar penulis buku Mengekal di Padang Bal, Mirza usai penyerahan buku secara simbolis di HUT Kota Pontianak ke 253, kemarin.

 

Secara garis besar, buku ini bercerita tentang bagaimana sepak bola di Kota Pontianak ini dikenalkan. Bermula dari tentara Belanda yang menduduki tanah melayu, lalu ketika mereka memiliki waktu luang kemudian berbaur bermain bola dengan pribumi. Dari sinilah, cikal bakal sepak bola di Kota Pontianak itu dikenalkan.

 

Kemudian di tahun 1944 lahirlah klub Sepak Bola bernama Semangat Baru yang markasnya di Gang Merak, Kecamatan Pontianak Kota. Klub yang pemainnya beranggotakan sanak keluarga, pelan-pelan tapi pasti keberadaannya makin dikenal dan membesar.