Uya Kuya Kritik Keras BP2MI Soal Perlindungan Pekerja Migran : “Indonesia Kayak Cuma Cuek Aja!”

JAKARTA-Fakta Nasional.Net-Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Surya Utama atau yang lebih dikenal sebagai Uya Kuya, menyoroti lemahnya perlindungan yang diberikan pemerintah terhadap para pekerja migran Indonesia (PMI). Kritik tajam ini disampaikannya usai menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

 

Uya Kuya menilai, pemerintah belum maksimal dalam mencegah dan menindaklanjuti kasus-kasus yang melibatkan PMI, terutama terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). “Faktanya, perlindungan dari negara kita kurang berperan dan kurang diakui oleh negara-negara lain,” tegasnya. Politisi muda ini membandingkan dengan Filipina yang memiliki regulasi kuat sehingga pekerja migrannya sangat dihargai oleh para majikan.

 

Menurut Uya Kuya, ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah perlindungan PMI masih terus terjadi. Pertama, regulasi yang mengatur tentang pekerja migran dinilai belum cukup tegas dan komprehensif. Kedua, sosialisasi mengenai risiko dan prosedur bekerja di luar negeri yang aman masih belum maksimal dan hanya menyasar sebagian kecil masyarakat.