KPU Boyong Lima Pakar Kebijakan Publik dan Ekonomi untuk Panelis Debat Cagub-Cawagub Kalbar

Lima panelis akademisi yang dipilih KPU Kalbar untuk bedah visi, misi, dan program para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2024. Foto: KPU Kalbar.

Prof. Dr. Martoyo, M.A. (Akademisi Administrasi Publik/Kebijakan Publik Universitas Tanjungpura Pontianak).

Komisioner KPU Kalbar, Kartono Nuriyadi mengatakan para panelis yang dipilih dinilai sangat sesuai untuk mengulas lebih jauh visi, misi, dan program para pasangan calon mengenai kesejahteraan masyarakat.

“Untuk debat yang pertama ini akan lebih banyak ke kesejahteraan masyarakat, maka bisa dilihat bahwa banyak yang adalah pakar kebijakan publik, kemudian pakar ekonomi regional. Selain itu, salah satu panelis juga punya spesifikasi tentang ekonomi regional,” ungkapnya, Selasa (22/10/2024).

Pemilihan para akademisi ini menurut Kartono akan pemberian pertanyaan sangat baik mengingat mereka merupakan pakar yang juga memiliki segudang pengalaman lapangan di luar kegiatan mereka sebagai pengajar.

“Kami kira dengan mengambil akademisi, beliau ini kan ASN pasti potensi keberpihakannya relatif lebih kecil daripada yang lain. Bukan ingin meniadakan yang lain, tapi memang pilihan yang paling aman adalah kita mengambil pakar yang berasal dari akademisi,” tambahnya. (mro)