Anies Hadir, Ganjar dan Mahfud Tak Tampak di Pelantikan Prabowo-Gibran

Anies Baswedan hadir dalam pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, duduk berdampingan dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sinta Nuriyah Wahid. Sumber: Biro Pers Sekretariat Kabiner RI.

Namun, tak semua kandidat Pilpres 2024 hadir dalam acara ini. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, yang juga menjadi pesaing Prabowo-Gibran dalam pemilihan lalu, tidak terlihat dalam prosesi pelantikan. Ketidakhadiran ini menciptakan spekulasi di kalangan publik mengenai hubungan politik antara para tokoh tersebut pasca-Pilpres.

Sementara itu, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, juga absen dari acara pelantikan ini. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyampaikan pesan dari Megawati yang menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadirannya karena alasan kesehatan. Usai melakukan perjalanan ke St. Petersburg dan Uzbekistan, kondisi Megawati dikabarkan belum pulih sepenuhnya dari batuk dan flu. Meskipun begitu, Megawati tetap mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada Prabowo yang baru saja merayakan ulang tahunnya pada 17 Oktober lalu.

“Ibu Mega memohon maaf karena kondisinya masih dalam pemulihan setelah perjalanan panjang napak tilas Bung Karno,” ujar Basarah Minggu (20/10). Ia menambahkan bahwa Megawati tidak ingin pelantikan yang penuh makna ini terganggu oleh kondisi kesehatannya. (RD)