Banjir di Sosok Sanggau, Hugo Rantan: Calon Pilkada Wajib Jadikan Penanganan Banjir Wilayah Hulu Kalbar Prioritas

Hugo Garas B. Rantan, Sekretaris PP Merajut Indonesia. Foto: Ist

SANGGAU – Curah hujan deras yang mengguyur Desa Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, pada Kamis (17/10), menyebabkan banjir parah yang merendam beberapa titik dan memutus akses jalan utama. Ribuan warga terpaksa mengungsi, dan antrean kendaraan sepanjang 1 kilometer terlihat di beberapa wilayah terdampak banjir.

Sekretaris Pengurus Pusat Merajut Indonesia, Hugo Garas B. Rantan, organisasi kepemudaan yang berada di bawah naungan koalisi partai Golkar dan Gerindra, dengan tegas menyuarakan perlunya perhatian lebih terhadap infrastruktur dan pengelolaan lingkungan di wilayah ini. Dalam pernyataannya, Hugo menggarisbawahi bahwa banjir ini adalah bukti nyata dari lemahnya sistem pengelolaan sumber daya alam dan kurangnya perhatian terhadap infrastruktur di daerah tersebut.

“Banjir di Sosok Sanggau ini menjadi peringatan bagi kita semua. Pengelolaan lingkungan dan infrastruktur harus menjadi prioritas utama bagi calon Pilkada. Pemerintah perlu bertindak lebih tegas dalam menanggulangi masalah-masalah seperti pendangkalan sungai, area resapan, dan drainase yang buruk. Ini bukan hanya soal penanganan bencana, tetapi juga menyangkut kesejahteraan dan keamanan masyarakat,” ujar Hugo Garas B. Rantan, Kamis (17/10).