RSUD SSMA Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Obat Asam Urat

“Pada umumnya obat asam urat akan bekerja dengan dua cara, ada obat yang meningkatkan pengeluaran asam urat lewat urine, ada juga dengan mengurangi metabolisme purin menjadi asam urat.” ungkap Fikri

 

Perawatan untuk serangan asam urat dapat diberikan obat NSAID, kolkisin dan kortikosteroid. Sedangkan untuk terapi gout kronis dapat diberikan obat seperti allupurinol, probenecid, dan pegloticase.

 

Fikri menambahkan selain menggunakan obat-obatan, perubahan gaya hidup seperti menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, minum air putih, mengurangi asupan alkohol dan minuman manis serta menghindari makanan tinggi purin (seperti daging merah dan makanan laut) juga sangat membantu dalam mengelola asam urat.

 

Asam urat dapat menjadi bahaya jika mengalami serangan gout berulang, terbentuk tofi di sendi atau jaringan lain, terjadi komplikasi seperti batu ginjal atau penurunan fungsi ginjal serta adanya peningkatan risiko penyakit jantung atau masalah kardiovaskuler.

 

“Dengan perawatan yang tepat, asam urat dapat dikelola dengan baik, namun tanpa perawatan komplikasi serius bisa saja terjadi sehingga perlu mengikuti anjuran pengobatan dari dokter untuk mencegah dan mengurangi risiko komplikasi,” pungkasnya (rfk/*pkrs-humas/rsudssma).