Pendidikan Indonesia Terancam Ketimpangan, DPR Desak Perbaikan Kualitas Guru

Anggota DPR RI Andreas Hugo Pareira. Foto: emediadpr/Dep/vel.

Solusi yang Diajukan

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Andreas mengusulkan beberapa solusi diantaranya, Pemerintah perlu mempercepat proses sertifikasi guru dengan disertai peningkatan kompetensi melalui pelatihan yang intensif. Dengan meningkatkan kesejahteraan guru, diharapkan dapat menarik minat generasi muda untuk menjadi guru. Pemanfaatan teknologi seperti pembelajaran daring dapat membantu menjangkau guru di daerah terpencil.

Pemerintah perlu bekerja sama dengan universitas, lembaga pendidikan tinggi, dan organisasi profesional untuk merancang program pelatihan yang lebih komprehensif.

Perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sistem pendidikan yang ada dan melakukan perbaikan dari hulu ke hilir.
Andreas menegaskan bahwa perbaikan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab bersama.

“Dengan memperkuat kualitas guru dapat berdampak langsung pada mutu pembelajaran yang diterima siswa, sehingga menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas,” tutupnya. [dnl]