Lebanon Memanas, Jokowi Minta Menlu Segera Pulangkan WNI ke Tanah Air

Presiden Joko Widodo/Foto: Instagram

FAKTA GRUP – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk segera memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) di Lebanon ke tanah air. Hal ini mengingat ketegangan yang terjadi usai invasi Israel ke Lebanon.

“Bu Menlu sudah saya perintahkan untuk menindaklanjuti apa yang sudah saya sampaikan agar keselamatan perlindungan terhadap warga kita dinomorsatukan dan evakuasi disegerakan,” kata Presiden.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sudah mendesak semua pihak untuk dapat menahan diri. Permintaan ini terkait situasi terbaru yang sangat mengkhawatirkan yang sedang terjadi di Timur Tengah.

Pernyataan tersebut muncul setelah Israel melaksanakan serangan darat ke Lebanon pada Selasa 1 Oktober 2024. Sementara, Iran meluncurkan ratusan rudal ke Israel pada hari yang sama.

Juru Bicara II Kemenlu RI Rolliansyah Soemirat mengatakan, Indonesia mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan pertemuan khusus. Utamanya untuk membahas perkembangan terbaru di Timur Tengah dan mengambil keputusan agar dapat menurunkan ketegangan di Kawasan tersebut.