Usut Dugaan Eksploitasi Karyawan, Polisi Buru Bos Perusahaan ke Hongkong

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Muhammad Firdaus

FAKTA GRUP – Kasus dugaan kekerasan dan eksploitasi terhadap karyawan yang dilakukan bos perusahaan animasi BS yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat masih dilakukan penyelidikan oleh polisi.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Muhammad Firdaus mengatakan pelaku berinisial CL diduga telah meninggalkan Indonesia dan saat ini berada di Hong Kong.

“Kami terus melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Terakhir, yang bersangkutan diduga pergi dari Indonesia menuju Hong Kong,” ujar Muhammad Firdaus saat dikonfirmasi, Selasa 1 Oktober 2024.

Menurut Firdaus, pihaknya saat ini bekerja sama dengan Divhubinter Polri untuk melacak keberadaannya dan membawa pelaku CL ke Indonesia untuk diproses hukum.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Divhubinter Polri, untuk memburu terduga pelaku,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menyebut bos perusahaan animasi di Jakarta Pusat berinisial CL, yang diduga melakukan eksploitasi dan kekerasan terhadap karyawannya telah meninggalkan Indonesia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan informasi tersebut diperoleh berdasarkan hasil koordinasi Satreskrim Polres Metro Jakpus dengan kantor imigrasi.

“Informasi diterima sekitar 29 Agustus, terlapor (CL) sudah terdata meninggalkan Indonesia,” ujar Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 18 September 2024.

Saat ini, lanjut Ade Ary, belum diketahui pasti keberadaan terlapor. Namun diketahui, CL merupakan warga negara Hong Kong. Polisi memastikan akan mengusut tuntas kasus tersebut.

“Akan didalami terus. Kasus akan diusut tuntas penyidik,” ucapnya.