Alumni Tata Busana SMK Negeri 5 Pontianak Raih Juara II Karya Kreatif Muda di Ajang KKI 2024

Presiden RI, Joko Widodo saat penutupan Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali diselenggarakan yang berkolaborasi dengan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI).

Keberadaan wastra Kalimantan Barat semakin mengemuka dalam KKI 2024 dengan ditandai oleh keberhasilan Tami Dwita Aulia, seorang alumni tata busana SMK Negeri 5 Pontianak yang berhasil meraih Juara II Karya Kreatif Muda dengan tema “Wastra Masa Kini” yang menampilkan karya terbaik busana ready-to-wear yang inovatif dan modern hasil olahan generasi muda terpilih dari sejumlah SMK/Sekolah Mode di Indonesia.

Desain yang ditampilkan berjudul “grid of woven”. Konsep ini merupakan perpaduan bahan jeans dan tenun serta ditambahkan dengan bahan katun linen.

Mempertimbangkan bahan jeans ini bersifat universal, dengan adanya kombinasi antara jeans dan tenun, harapannya dapat memperkenalkan tenun Kalimantan Barat di pasar global.

Dari sisi motif, dengan menampilkan motif petak-petak sawah menggambarkan profesi sebagian besar penenun Kalimantan Barat adalah bertani.

Sebelumnya, Tenun Ikat Sintang yang merupakan salah satu wastra unggulan Kalimantan Barat juga sudah dikenal secara internasional.

Tenun Ikat Sintang produk Galeri Kain Pantang Sintang terpilih untuk ditampilkan dalam fashion show berkolaborasi dengan desainer nasional Edward Hutabarat pada KKI 2023, serta dikenakan oleh Presiden RI Joko Widodo dan para delegasi dari negara lain pada event 10th World Water Forum 2024 di Bali.

Harapan dan optimisme untuk terciptanya sustainable wastra Kalimantan Barat semakin tinggi melalui penguatan sinergi Bank Indonesia bersama emerintah daerah, serta seluruh instansi/ lembaga lainnya untuk pengembangan UMKM wastra Kalimantan Barat. (yth)