Cegah Diabetes, Ini Lima Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Rumput laut. Foto : Istimewa

3. Turunkan Resiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rumput laut yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Serat larut yang ditemukan dalam rumput laut juga dipercaya dapat membantu menekan perkembangan kanker usus besar. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

4. Bantu Tingkatkan Fungsi Tiroid

Manfaat rumput laut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tiroid. Tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut.

Asupan makanan yang direkomendasikan untuk yodium adalah 150 mcg per hari. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah terkonsentrasi dari laut.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga dapat dijaga dengan konsumsi rumput laut. Manfaat rumput laut satu ini berkaitan dengan kandungan serat larut air yang baik, mengandung asam lemak omerga-3 serta antioksidan.

Seperti yang dicatat dalam sebuah penelitian, makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh.***