Waspada.! Ternyata Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Resiko Kematian, Ini Penjelasannya

Ilustrasi duduk. Foto : Pexels

Penulis penelitian menganalisis data dan perilaku 6.489 wanita berusia 60-90 tahun dari Women’s Health Initiative Objective Physical Activity and Cardiovascular Health Study, menggunakan algoritma baru untuk memeriksa total waktu duduk dan durasi setiap periode duduk.

Dari penelitian tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang tidak bergerak selama 11,7 jam atau lebih per hari menghadapi risiko kematian 30% lebih tinggi.

“Perilaku menetap didefinisikan sebagai setiap perilaku saat bangun tidur yang melibatkan duduk atau berbaring dengan pengeluaran energi yang rendah,” ungkap rekan penulis studi Steve Nguyen dalam siaran pers universitas.

Makalah ini menyimpulkan bahwa total waktu duduk yang lebih tinggi dan rata-rata durasi duduk yang lebih lama dikaitkan dengan risiko kematian karena semua penyebab dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi di kalangan wanita berusia lanjut.

“Data ini mendukung intervensi yang bertujuan mengurangi total waktu duduk dan menghentikan duduk dalam waktu lama,” tutupnya.***