Warga Temukan Individu Bayi Orangutan Terlantar, BKSDA Lakukan Penyelamatan

Tim WRU BKSDA Kalbar dibantu tim Medis YIARI langsung melakukan pengecekkan kondisi orangutan, orangutan sedikit mengalami dehidrasi dan juga suhu tubuh berkisar 37,5 – 38,00°C (demam sedang). Penyerahan bayi orangutan dari warga ke BKSDA Kalbar pun dilakukan dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan dari Lisa ke Tim WRU BKSDA Kalbar yang di wakili oleh Kepala Resort Konservasi Sukadana, Nurul Ramadhani.

 

Melihat kondisi orangutan yang masih bayi dan dalam kondisi demam maka untuk sementara waktu tim memutuskan menitipkan bayi orangutan ke Pusat Rehabilitasi YIARI untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

Dalam keterangannya, Kepala SKW I Ketapang, Birawa menyampaikan “BKSDA Kalbar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam upaya penyelamatan orangutan”.

 

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap bijak bertindak ketika menjumpai orangutan. Jangan sampai kita menggangu, melukai bahkan sampai membunuh orangutan. Biarkan mereka hidup tanpa kita gangguan kita dan berikan mereka ruang untuk hidup, Karena orangutan selain satwa dilindungi, mereka juga sebagai penyeimbang kelangsungan ekosistem hutan” imbuhnya.(rfk/*r.bksda)