KKP Gaungkan Promosi Ekowisata dan Pelestarian Budaya Pesisir, Penyadartahuan Masyarakat akan Konservasi Kawasan dan Konservasi Jenis Ikan di Kalimantan Barat

MENINGKATKAN promosi ekowisata pesisir, pelestarian tradisi dan budaya lokal, penyadartahuan masyarakat akan konservasi kawasan dan konservasi jenis ikan di Kalimantan Barat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut (Ditjen PKRL) menggelar Festival Pesisir Paloh 2024 dengan tema “Lestarikan Penyu, Menjaga Laut, Selamatkan Bumi”

 

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di JS Villas & Resort Temajuk, Paloh, Kabupaten Sambas dan beberapa lokasi lainnya seperti di Kantor Desa Temajuk, Pantai Sungai Belacan dan Tanjung Api serta Hotel Golden Tulip Pontianak dari tanggal 27 Juni hingga 1 Juli 2024.

 

Festival Pesisir Paloh 2024 menggandeng Organisasi Gerakan Pramuka se-Kwartir Daerah Kalimantan Barat, Organisasi Pramuka/Pengakap Negara Malaysia dan Messenger of Peace (MoP) Kwartir Daerah Kalimantan Barat dalam Kemah Pemuda Pesisir Internasional 2024 dengan jumlah peserta kemah sebanyak 624 orang.

 

Kegiatan ini juga melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Sambas, Pemerintah Kabupaten / Kota Pesisir di Kalbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Perguruan Tinggi, USAID Kolektif, WWF Indonesia, Kelompok Masyarakat serta masyarakat umum.

 

Festival Pesisir Paloh dan Kemah Pemuda Pesisir Internasional dibuka oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat, Harisson. “Dengan semangat gotong-royong membangun Kalimantan Barat, saya berharap rangkaian kegiatan festival ini dapat berjalan dengan baik & memberikan manfaat bagi pemuda, pelajar dan masyarakat.”