Ratusan Ribu Jemaah Haji Dikeluarkan dari Kota Mekkah, Ada Apa Ya?

Ilustrasi jemaah haji. Foto : Istimewa

Ibadah haji yang merupakan satu dari lima rukun Islam yang membuat jutaan umat Islam datang ke Mekkah setiap musim haji. Ibadah haji yang dimulai pada tanggal 14 Juni, merupakan ibadah wajib dilakukan minimal sekali bagi umat Islam yang mampu.

Saat ini, lebih dari 1,3 juta jemaah terdaftar telah tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Mereka nantinya akan melakukan serangkaian ritual yang diselesaikan setidaknya selama empat hari di Mekkah.

Meski sudah dilarang, namun banyak orang yang tetap nekat masuk Mekkah tanpa jalur atau visa resmi. Ini demi menjalankan ibadah haji tanpa menunggu lamanya antrian.

Hal ini terjadi karena mendapatkan izin resmi dan paket perjalanan haji bisa sangat mahal. Sementara kuotanya terbatas untuk jemaah dari setiap negara.

Arab Saudi merupakan rumah bagi dua tempat paling suci dalam agama Islam, yakni Makkah dan Madinah. Ibadah haji juga menjadi sumber prestise bagi Raja Saudi yang gelar resminya mencakup ‘Penjaga Dua Masjid Suci’ di Mekkah dan Madinah.***