Pemda Kabupaten Ketapang Akan Petakan Area Stunting

foto: humas ketapang

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ketapang masih menjadikan stunting sebagai fokus pada tahun 2023 dan tahun 2024 mendatang, masih minimnya pemahaman masyarakat terhadap pencegahan stunting membuat stunting di Kabupaten Ketapang masih tinggi terutama pada pasangan muda.

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan mengatakan, pemahaman stunting harus ditanamkan dan disosialisasikan kepada masyarakat yang ingin menikah, ibu yang sedang hamil dan menyusui dengan mengkonsumsi makan yang bergizi.

“Penurunan stunting di kabupaten ketapang ini adalah terkait dengan kesadaran masyarakat tentang situasi stunting, dalam rangka untuk pencegahan stunting kita menyasar kepada kaum-kaum muda, kepada ibu hamil maupun kepada calon pengantin,” ujarnya Rabu (1/2).

Pemda Kabupaten Ketapang akan melakukan pemetaan area stunting dan ini akan menjadi tantangan yang besar mengingat luas wilayah Kabupaten Ketapang sebesar 31,558 km, 20 kecamatan dan 253 desa.

“Bersama stakeholder terkait, kita akan melakukan pemetaan dalam rangka menemukan informasi-informasi yang valid mengenai stunting ini, karena data inilah yang menjadi dasar kita untuk mengeluarkan kebijakan,” ucapnya.