Wakil Bupati Ketapang,Farhan Sampaikan Pesan Presiden di Hari Bela Negara

Wakil Bupati Ketapang bersama jajaran Forkopimda usai menyelenggarakan upacara peringatan Hari Bela Negara ke-74. (foto:ist)
Ketapang- Wakil Bupati Ketapang Farhan menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke-74, di halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (19/12). Upacara dihadiri TNI/Polri, ASN, BPBD/POL PP dan Ormas Kabupaten Ketapang. 
Selaku inspektur upacara Wakil Bupati membacakan sambutan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dengan tema Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku. Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara.
“Kita harus memiliki daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang, serta kita harus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” ucap Wakil Bupati.
Bela Negara merupakan sikap, perilaku dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga dirinya, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.
“Bela Negara merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengambidan kepada bangsa dan negara,” ujarnya.
Diakhir sambutan Wakil Bupati menyampaikan bahwa nilai dasar Bela Negara meliputi Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila dan Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara, juga Kemampuan Awal Bela Negara.
“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” tutup Wakil Bupati.(rfk)