Kaika Kusuma,Atlet Wushu AS asal Indonesia Raih 4 Medali Emas

Kaika Kusuma, atlet Wushu AS (foto: courtesy).

“Saya senang berbicara dengan pelatih , orang tua , dan rekan satu tim saya yang lain hanya untuk bertemu atau bersantai. Sangat membantu berbicara dengan orang- orang yang saya andalkan,” kata Kaika.

Dukungan juga termasuk dari kedua orang tua Kaika yang tinggal dan bertugas di Vietnam. “Ya support selalu, kegiatan ini sangat positif bagi dia sendiri, fisiknya, tentunya membangun kekuatan, kecepatan, keseimbangan badan dan lain sebagainya tapi di sisi mental sangat positif” kata ayah Kaika, Ketut Ariadi Kusuma.

Ibu Kaika, Tea Pangemanan menambahkan dukungan orang tua juga termasuk waktu dan biaya, “Terutama karena Kaika kan masih di bawah umur ya,seperti waktu pergi ke Texas untuk national team trial. kemudian yang Pan Am kemarin di Brazil juga harus kita damping juga.”

Sebagai atlet non warga atau keturunan China, Kaika tidak pernah mendapat perlakukan khusus atau diskriminasi, tapi mengakui ada yang mengganjal interaksinya.

“Semua orang di komunitas Wushu cukup dekat sehingga tidak menjadi bagian dari komunitas China agak menyulitkan terutama ketika semua orang berbicara dalam bahasa Mandarin atau Canton, saya sulit memahaminya tetapi karena AS adalah negara yang sangat beragam penduduknya, ada atlet Wushu yang bukan warga China, jadi kita semua berbaur,” kata Kaika.(rfk/voa)