YouTuber Hingga  Ilustrator Boleh Pinjam Uang ke Bank

*Jaminannya Pakai Sertefikat Hak Kekayaan Intelektual

APAKAH Anda YouTuber yang butuh dana untuk kembangkan channel Anda? Sekarang, Anda bisa ajukan pinjaman ke bank dan mengagunkan video-video YouTube yang sudah Anda publish. Salah satu syaratnya, video Anda harus sudah miliki sertifikat hak kekayaan intelektual. Apa maksudnya? Apakah semudah itu?

Bingung. Itulah respons beberapa pelaku ekonomi kreatif ketika menanggapi peraturan pemerintah baru yang memungkinkan mereka mengajukan pinjaman ke bank dan lembaga keuangan nonbank, dengan jaminan berupa kekayaan intelektual yang mereka miliki.Seperti dilansir dari laporan VoA Indonesia.

“Pas dengar merasa bingung, gimana cara menggunakan [kekayaan intelektual] itu sebagai jaminan? Setelah baca [peraturannya], nggak lebih jelas juga, sedikit lebih bingung dan penasaran penerapannya seperti apa,” ujar Dionisius Mehaga, alias Dion MBD, ilustrator asal Bandung, ketika dihubungi .

Sementara Jennie Linando, YouTuber asal Surabaya, belum paham betul tentang aturan yang memungkinkan ia mengagunkan video YouTubenya – asalkan sudah mendapatkan sertifikat hak kekayaan intelektual (HAKI) – untuk meminjam dana. “Aku nggak ngerti pastinya (jaminan) itu konten per video atau hitungannya satu channel?”